banner 728x250
News  

Puncak Pengabdian, Kapolda Papua Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Polri Tahun 2023

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, PapuaTempoepos.com | Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., memimpin kegiatan upacara Wisuda Purnabakti Pegawai Negeri pada Polri Polda Papua Tahun 2023 yang bertempat di Aula Rupattama Polda Papua, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Papua, Wakil Ketua PP Polri Daerah Papua, AKBP (P) Alex Korwa, para Wisudawan Purnabakti Pegawai Negeri Pada Polri Polda Papua TA. 2023, dan seluruh personel Polda Papua.

banner 325x300

Pada momen yang baik tersebut, Kapolda Papua turut menyerahkan Piagam Penghargaan dan Medali kepada para Wisudawan sebagai bentuk penghargaan atas pengabdiannya selama bertugas di Polda Papua.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Dalam pesan dan kesannya, perwakilan wisudawan, Kombes Pol. Bedjo PS, menyoroti perjalanan panjang pengabdian selama 39 tahun kurang 17 hari di Polda Papua.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Tuhan, orang tua, institusi Polri, istri, rekan-rekan, dan berbagai pihak yang telah mendukung selama bertugas.

“Kedepan tugas Polri akan semakin berat, ini terbukti karena adanya Pemilu serentak 2024. Kami berdoa semoga Pemilu kedepan bisa dilaksanakan dengan baik untuk mendapat pimpinan yang baru,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada para purnatugas lainnya untuk tetap menjaga tali silaturahmi, dan mengenang akar tempat mereka dibesarkan oleh Polri.

Wakil Ketua PP Polri Daerah Papua, AKBP (P) Alex Korwa, dalam sambutannya, mengajak para wisudawan untuk berfikir positif dan aktif berperan, terutama dalam keluarga besar Polri. Ia menyampaikan bahwa saat ini sudah terbentuk wadah untuk purnawirawan yang disebut PP Polri, dengan cabang di lima Polres, dan mengajak untuk mengurus dan memperkuat keluarga besar ini.

“Mari kita sama-sama mengurus dan perkuat kita punya keluarga ini, mengingat PP Polri kita sudah terbentuk sejak 30 Juli 1999, Terlebih Bapak Kapolda selaku pembina mimiliki andil yang cukup banyak untuk membantu kita,” ucapnya.

“Semboyan kita tetap setia, sekali Bhayangkara tetap Bayangkara, sekali pejuang tetap berjuang, artinya kita tetap untuk keluarga besar Polri,” tandas Alex.

Dalam momentum bahagia wisuda purnabakti pegawai negeri Polri Polda Papua, Kapolda Papua, menyatakan bahwa pensiun adalah suatu fase yang tidak dapat dihindari oleh setiap pegawai negeri dan anggota Polri.

“Meskipun merasa kehilangan, fase ini harus dijalani dengan lapang dada. Masa pensiun bukanlah akhir dari pengabdian, namun menjadi momentum untuk kembali ke masyarakat dengan pengabdian dalam bentuk yang berbeda,” ucap Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan penghargaan tinggi dan terima kasih atas dedikasi, pengabdian, dan loyalitas para wisudawan selama bertugas di Polda Papua. Kapolda juga mengingatkan agar tetap menjalankan pola hidup sehat, menjauhkan diri dari iri, dengki, dan benci, serta menjalani masa purnabakti dengan rasa syukur kepada Tuhan.

“Walaupun telah pensiun, namun saya meminta kepada rekan-rekan bersama Polri untuk mensukseskan pengamanan pelakanaan Pemilu, sehingga dapat tercipta Pemilu damai untuk Indonesia Emas 2045, serta tetap jadilah pelopor ketertiban kamtibmas di wilayah masing-masing,” pesan Kapolda.

Kapolda juga memohon maaf atas angan-angan yang belum terpenuhi dan mendorong para purnawirawan untuk bergabung di PP Polri.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Kapolda Papua beserta ibu, didampingi oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Petrus Patridge R. Renwarin, S.H., M.Si., kepada perwakilan Wisudawan Purnabakti Polri Polda Papua dan istri, serta prosesi Pedang Pora Wisudawan Purnabakti Polri Polda Papua di Gedung A Mapolda Papua.

Prosesi tersebut dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh Kapolda Papua kepada Wisudawan Purnabakti dan pemberian bunga oleh Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Eva Mathius Fakhiri, kepada istri wisudawan purnabakti.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *