banner 728x250

Tatap Muka Kapolda Papua di Biak Numfor, Antisipasi dan Koordinasi untuk Pemilu Damai

banner 120x600
banner 468x60

Biak, Papua  – Tempoepos.com | Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., didampingi PJU Polda Papua melakukan tatap muka dan memberikan arahan kepada personel Polres Biak Numfor dan Kompi I Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Papua, Senin (20/11/2023). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula R. Soedjoko Polres Biak Numfor.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Biak Numfor, AKBP Damianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., M.H, serta seluruh personel Polres Biak Numfor dan personel Kompi I Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Papua.

banner 325x300

Dalam arahannya, Kapolda Papua mengapresiasi persiapan acara tatap muka yang berjalan dengan baik. Namun, ia memberikan peringatan terkait netralitas personel terutama menjelang Pemilu 2024. Kapolda menyebut kejadian viral video call Bupati Nabire dengan Ganjar Pranowo sebagai peringatan agar pejabat di Kabupaten Biak Numfor tidak terlalu dekat dengan aktor politik yang sedang berlaga.

“Saya minta Kapolres ingatkan pejabat di Kabupaten Biak Numfor untuk jangan terlalu dekat dengan aktor politik yang sedang berlaga. Selain itu, saya perintahkan kepada seluruh anggota Polri di Biak Numfor untuk bersikap netral sesuai instruksi bapak Presiden dan bapak Kapolri,” tegas Kapolda Papua.

Pemilu 2024 di Tanah Papua memiliki makna khusus karena menjalankan pemilihan serentak dan melibatkan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) yang baru lahir. Kapolda memastikan agar anggota Polri di tiga DOB tersebut siap dan dapat menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

“Kita harus pastikan bahwa Negara lahirkan tiga DOB itu tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Papua, bukan lain lain,” tegas Kapolda.

Dalam upaya menjaga kondisi jelang Pemilu, Polda Papua bersama pemuka agama merencanakan kegiatan KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) khususnya di daerah-daerah krusial. Meskipun tidak ada agenda untuk Biak Numfor, Kapolda meminta persiapan dan koordinasi dengan Karo Ops sebagai penanggung jawab kegiatan jika diperlukan.

Kapolda Papua juga mengingatkan tentang potensi pasang surut air laut yang terjadi saat ini. Ia mengimbau agar personel yang terlibat dalam pengamanan distribusi logistik suara di pulau-pulau terluar tetap waspada tinggi.

Walaupun Kabupaten Biak Numfor selama ini tidak pernah mengalami kerusuhan saat Pemilu, Kapolda mengingatkan agar situasi tetap diantisipasi dengan melakukan deteksi dini. Hal ini untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar, menciptakan pemimpin baru yang lebih baik untuk Kabupaten Biak Numfor.

Selain itu, Irjen Fakhiri juga meminta personel untuk turut menyukseskan Sail Teluk Cenderawasih (STC) yang saat ini sedang berlangsung dan puncak acara akan dihadiri oleh Presiden RI dengan.

Kegiatan tatap muka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, memperkuat interaksi antara Kapolda Papua dan personel di lapangan.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *