banner 728x250

Kapolda Papua dan Pj. Gubernur Papua Selatan Hadiri Perayaan Natal di Mappi

banner 120x600
banner 468x60

Mappi, PapuaTempoepos.com | Dalam semangat kebersamaan dan kerukunan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., dan Pj. Gubernur Papua Selatan, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, turut serta dalam perayaan Natal bersama masyarakat Provinsi Papua Selatan.

Acara ini dilaksanakan di Lapangan Gedung Soska Bade, Kabupaten Mappi pada Kamis (18/01), dengan tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” (Lukas 2:14).

banner 325x300

Rangkaian perayaan Natal dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Papua, pimpinan TNI-Polri, tokoh masyarakat, dan warga Kabupaten Mappi. Pj. Gubernur Papua Selatan, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, menyampaikan sambutan yang penuh harap dan semangat damai.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Selatan, kami mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Natal dan selamat memasuki Tahun Baru 2024. Semoga damai dan sukacita Natal senantiasa tinggal dan menyertai kita ditengah-tengah karya dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Prof. Apolo.

Dirinya mengajak semua pihak untuk menjaga ketertiban dan keamanan (kamtibmas) dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Dalam konteks tahun politik dan mendekati Pemilu 2024, Pj. Gubernur mengimbau warga untuk bersatu dalam menjaga kamtibmas sehingga proses demokrasi dapat berlangsung aman dan tertib.

“Kita akan melaksanakan pesta demokrasi di tanggal 14 Februari 2024. Mari kita sukseskan Pemilu 2024 dengan menjaga kamtibmas,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya tema Natal yang dipilih, yakni “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi”.

Ia menekankan bahwa damai sejahtera bukan hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dan Tuhan, tetapi juga hubungan antara sesama manusia dan dengan alam semesta.

“Perbedaan suku, ras, agama, tradisi, adat istiadat, dan bahasa adalah keberagaman yang memperkaya Indonesia. Kita dipersatukan di tengah perbedaan, karena perbedaan itu wajar. Tetapi perpecahan dan pertengkaran tidak pernah bisa dibenarkan,” tegas Irjen Pol. Mathius.

Dalam konteks politik menjelang Pemilu, Kapolda mengajak untuk terus menjaga toleransi, persatuan, dan perdamaian. Kapolda menekankan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi. Namun, yang lebih penting adalah menjaga persatuan, kesatuan, dan kepentingan bersama dalam memajukan Indonesia.

“Pemilihan umum seharusnya mendorong para politisi dan pejabat untuk menghadirkan damai sejahtera di Indonesia. Kekuasaan yang diperoleh dari proses politik adalah anugerah yang harus dipandang sebagai kesempatan untuk memuliakan Tuhan dan mengabdikan diri kepada rakyat, bangsa, dan negara,” pungkas Kapolda.

Acara perayaan Natal ini diharapkan dapat menjadi momentum penyatuan dan penguatan nilai-nilai kebersamaan di tengah masyarakat Papua Selatan, serta menjadi titik awal menuju tahun politik yang damai dan bermartabat.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *