banner 728x250
News  

Dir Lantas Polda Papua Pimpin Deklarasi Zero Knalpot Brong dan Zero Accident di Kota Jayapura

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, PapuaTempoepos.com | Dirlantas Polda Papua, Kombes Pol. Abrianto Pardede, S.H., S.I.K., M.H, memimpin kegiatan deklarasi “Zero Knalpot Brong dan Zero Accident” di Lapangan Futsal PTC, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, pada Rabu (24/01).

Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, M.Si, Kepala Jasa Raharja Cabang Papua dan Papua Barat Emil Feriansyah Latief, S.E., M.A., CRMP., QCRO, Pejabat Utama Kodam XVII Cenderawasih, serta Forkopimda dan tokoh masyarakat.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Dir Lantas menegaskan bahwa kegiatan deklarasi ini merupakan wujud nyata dari komitmen Dit Lantas Polda Papua dan jajaran dalam menegakkan hukum.

“Fokus utama adalah pengendalian penggunaan knalpot brong sebagai langkah prioritas untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Papua. Upaya ini bertujuan agar pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor, dapat lebih tertib dalam berlalu lintas dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat dengan suara bising yang dihasilkan oleh knalpot brong,” ucapnya.

Kombes Pol. Abrianto juga mencatat bahwa melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), pihaknya telah berhasil mengamankan 491 knalpot brong. Tindakan tegas dilakukan terhadap pengguna knalpot brong serta penindakan pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Penertiban ini didasarkan pada spesifikasi standar knalpot yang melanggar aturan hukum dan menghasilkan tingkat kebisingan melebihi ambang batas yang ditentukan,” tuturnya.

Deklarasi “Zero Knalpot Brong dan Zero Accident” juga dianggap sebagai bagian dari sistem pendinginan yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Papua dan jajaran, guna memastikan Pemilihan Umum 2024 di Papua, terutama di Kota Jayapura, berlangsung dengan aman dan damai.

Dir Lantas menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk masyarakat, yang diharapkan dapat menjadi pelopor dalam etika berlalu lintas serta mendukung terciptanya kondisi keamanan dan keselamatan selama proses pemilu.

“Kegiatan ini menjadi ajang penyampaian pesan keselamatan berkendara dalam keadaan siap, sehat, dan berkonsentrasi tanpa pengaruh minuman keras atau alkohol. Kami seluruh anggota Dit Lantas Polda Papua dan jajaran menekankan pentingnya kesadaran berkendara untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib,” pungkas Dir Lantas.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *