banner 728x250
Berita  

Pengukuhan Tiga Guru Besar Baru di UIN Alauddin Makassar

banner 120x600
banner 468x60

Gowa,tempoeos,- UIN Alauddin Makassar menggelar Sidang Senat Terbuka Luar Biasa di Auditorium kampus II pada Rabu 24 April 2024 untuk mengukuhkan tiga guru besar baru. Ketiga tokoh yang diukuhkan adalah Prof Muhammad Sabri dalam bidang Ilmu Filsafat Islam, Prof Sohrah dalam bidang Ilmu Tafsir, dan Prof Firdaus Muhammad dalam bidang Ilmu Komunikasi Politik Islam.

Prof Firdaus Muhammad menjadi sorotan sebagai Guru Besar pertama dalam bidang Komunikasi Politik Islam. Lahir di Kabupaten Wajo pada 20 Februari 1976, perjalanan akademisnya yang gemilang mencakup gelar Sarjana Agama dari Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri Alauddin Ujung Pandang, gelar Magister Agama dari Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung, dan gelar Doctor dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dengan predikat lulusan terbaik.

banner 325x300

Dalam pidatonya, Prof Hamdan Juhannis menyoroti kontribusi ketiga guru besar tersebut, mencatat tiga istilah baru yang muncul, termasuk rekontekstualisasi. “Dengan bertambahnya 3 orang guru besar ini, berarti UIN Alauddin Makassar telah memiliki sebanyak 76 orang Guru Besar,” tambahnya.

Upacara Pengukuhan Guru Besar ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Rektor UIN Alauddin Makassar, Ketua dan Anggota Senat, serta berbagai pihak terkait lainnya seperti Anggota DPR RI, Kementrian Agama Sulawesi Selatan, dan Mantan Ketua KOMNAS HAM. Hadir pula keluarga dari Guru Besar yang diukuhkan serta para undangan lainnya.

Dengan penambahan ini, UIN Alauddin Makassar semakin mengukuhkan posisinya sebagai pusat keilmuan Islam yang berkualitas dan berprestasi.

Citizen Reporter: Nita Astriani

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *