banner 728x250

UIN Alauddin Makassar Gelar Workshop Literasi Beragama: Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama

banner 120x600
banner 468x60

Gowa,tempoepos– Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, khususnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), menggelar workshop literasi beragama yang berlangsung pada Senin,20 Mei 2024 dengan tema “Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama” pada hari ini.

Workshop ini diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan II Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Rahmawati Harun, M. Si, yang mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Normah Mustaffa dari Universitas Kebangsaan Malaysia yang telah menjadi narasumber dalam acara tersebut. Beliau juga menekankan pentingnya peran jurnalis dalam menciptakan berita yang akurat dan kondusif antar umat beragama.

banner 325x300

Prof. Normah Mustaffa, dalam penyampaiannya, membahas tentang pentingnya literasi media dalam menghadapi era informasi yang begitu berlimpah. “Media memainkan peran penting dalam membentuk pengetahuan seseorang. Kita perlu memahami berbagai sumber informasi dengan kritis,” ungkapnya.

Sementara itu, Haidir Fitra Siagian, Sekretaris Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dan salah satu pemateri dalam workshop, menekankan pentingnya moderasi beragama dalam jurnalisme Islam. “Moderasi beragama memungkinkan kita untuk hidup secara harmonis dengan agama lain dan mencegah sikap ekstrimisme,” tambahnya.

Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa jurnalistik angkatan 2022 dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, yang antusias mendengarkan materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman yang mendalam mengenai literasi beragama serta peran jurnalis dalam mempromosikan moderasi beragama.

Penulis: Mahasiswa Jurnalistik UINAM angkatan 2022A

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *