banner 728x250

Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar Laksanakan Perkuliahan di Luar Kelas

banner 120x600
banner 468x60

Gowa, tempoepos.com-  Mahasiswa jurusan Jurnalistik dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar mengadakan perkuliahan di luar kelas pada Rabu, 5 Juni 2024. Mata kuliah Tekhnik Peliputan dan Penulisan Berita kali ini dilaksanakan di area kampus, tepatnya di sekitar lapangan sepak bola UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan perkuliahan di luar kelas ini tergolong jarang dilakukan, bahkan hampir tidak pernah di beberapa mata kuliah lainnya. Namun, untuk pertama kalinya, mata kuliah ini dilaksanakan di luar ruangan dengan tujuan analisis dan identifikasi keadaan kampus di pagi hari. Banyak objek dan ide yang dapat dihasilkan untuk sebuah berita atau tulisan, sesuai dengan salah satu tujuan penting mata kuliah Tekhnik Peliputan dan Penulisan Berita.

banner 325x300

Dosen pengampu mata kuliah, Haidir Fitrah Siagian, M.Si., Ph.D, berharap dengan perkuliahan ini mahasiswa dapat lebih cepat tanggap dan kreatif dalam menemukan ide berita atau tulisan. Kegiatan yang diikuti oleh dua kelas, Jurnalistik A dan Jurnalistik B, berlangsung dengan menarik, fleksibel, dan tidak membosankan karena banyak objek yang bisa dieksplor dan dijadikan ide berita.

“Di sekitar kampus ini, di sekitar lapangan ini ada banyak hal yang bisa dieksplor dan diangkat sebagai topik berita,” kata Haidir Fitrah Siagian.

Selama perkuliahan di luar kelas, mahasiswa diminta untuk berkeliling selama lima belas menit untuk memperhatikan, menganalisis, dan mengidentifikasi suasana sekitar kampus. Hal ini dilakukan untuk menemukan dan menentukan ide, yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah tulisan.

Citizen reporter: Nur Alvi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *